Mengalah Untuk Kebaikan

open arm
Ilustrasi: ShutterStock

Banyak orang berusaha mengubah dunia menjadi seperti yang dia inginkan sampai ia kelelahan. Kemudian sibuk menyalahkan pihak diluar dirinya saat dunia tak kunjung berubah. Dalam setiap kesempatan ia akan berusaha menjadi pihak yang berkuasa agar bisa mengembalikan banyak orang ke jalan yang benar. Semakin besar kekuasaannya, semakin besar pula kemampuannya mengubah dunia.

Jika ada yang tidak setuju dengan kebenarannya, maka pihak itu akan dilabeli macam-macam. Pengkhianat, perusuh, intoleran, radikal, dan sebagainya. Lalu terjadilah perjuangan membela kebenaran. Kebenarannya masing-masing…

Dunia saat ini sudah kehilangan semangat “mengalah untuk menang“.  Sekarang saatnya kita harus menang. Kalah seolah-olah menjadikan kita kerdil. Padahal dengan mengalahnya salah satu pihak, Insya Allah perdamaian akan tetap terjaga. Kebaikan hubungan masih tetap terjalin. Bukankan ini juga sebuah kemenangan?

Apa gunanya kemenangan tetapi kehidupan berubah menjadi tidak menyenangkan satu dengan lainnya? Pihak yang menang lalu menjadi sewenang-wenang, pihak yang kalah sibuk menyebar fitnah.

Puasa harusnya mengajarkan kita tentang mengalah. Bahkan jika ada orang yang mencoba membuat masalah saat puasa, kita disarankan untuk menyampaikan bahwa kita sedang berpuasa untuk meredam suasana. Kita juga harus mengalah untuk memaju mundurkan jadwal makan minum kita, menjadwal ulang penyaluran hasrat biologis, memilih menahan amarah, dan kekalahan kekalahan lain yang memang kita sengaja.

Ditengah budaya dunia zaman now yang seperti mengharuskan kita menang untuk mewujudkan impian kita, yang membuat kita sibuk mencari cara untuk mengalahkan orang lain, tidak ada salahnya jika sekali waktu kita mengalah jika itu bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik. Siapa tahu jika kita ikhlas, keinginan kita yang tertahan untuk terwujud itu diganti oleh Tuhan di akhirat nanti.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: